Harga dan Biaya Balik Nama ( BBN ) Mobil Bekas November 2017

Biaya Balik Nama ( BBN ) Mobil Bekas

Biaya Balik Nama ( BBN ) Mobil Bekas

Info Harga dan Biaya Balik Nama ( BBN ) Mobil Bekas – Pesona mobil bekas tidak pernah pudar walaupun saat ini sudah banyak mobil murah meluncur di Indonesia. Informasi harga dan Biaya Balik Nama ( BBN ) mobil bekas disini akan sangat bermanfaat. Pasalnya, dalam proses pembelian mobil bekas berkualitas maka biasanya penjual dan pembeli akan melakukan transaksi balik nama. Balik nama berfungsi untuk merubah nama pada STNK kendaraan menjadi nama pemilik yang baru saat ini. Dengan begitu nantinya setiap akan melakukan perpanjangan Anda tidak akan kesulitan. Apalagi jika Anda membeli mobil bekas dari orang yang berbeda kota dengan Anda maka proses balik nama menjadi sangat penting.

Harga dan Biaya Balik Nama ( BBN ) mobil bekas memiliki perhitungan tertentu. Biasanya besaran harga akan berlandaskan harga mobil dan tahun keluaran mobil tersebut. Beberapa jenis biaya yang harus dibayar pada saat mengurus proses balik nama kendaraan second Anda adalah biaya diluar pajak dan juga biaya pajak. Untuk biaya pajak sendiri terdiri dari Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor ( BBN KB), Pajak Kendaraan Bermotor ( PKB), Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas ( SWJDKLL), biaya administrasi untuk TNKB ( Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) dan juga biaya administrasi untuk STNK.

Harga dan Biaya Balik Nama ( BBN) mobil bekas antara jenis mobil satu dan lainnya sangat berbeda. Karena itu memang tidak bisa disamakan. Mulai tanggal 6 Januari 2017 ini pemerintah sudah memberlakukan Peraturan Pemerintah nomer 60 Tahun 2016 mengenai Jens dan juga Tarif atas PNPB atau Penerimaan Negara Bukan Pajak. Peraturan tersebut ditetapkan dan berlaku untuk kendaraan roda empat dan juga roda dua.

Baca Juga : 

Untuk itulah berikut ini adalah kisaran harga dan Biaya Balik Nama ( BBN) mobil bekas:

  • PKB yang besarannya tertera pada lembar STNK Anda dan tidak berubah dari jumlah yang sudah dibayarkan pada tahun sebelumnya
  • BBN KB yang dihitung dengan rumus 2/3 dari PKB
  • SWJDKLL sejumlah Rp 143.000 untuk mobil namun bisa berubah kapan saja
  • Administrasi STNK untuk tariff baru sebesar Rp 200.000. Untuk biaya penerbitan akan ditambah sebesar Rp 50.000
  • Administrasi TNKB sebesar Rp 100.000 atau untuk TNKB yang lintas batas sebesar Rp 200.000

Untuk proses penghitungan Biaya Balik Nama mobil bekas seperti ini:

  • Jika biaya yang tercantum pada STNK sebesar Rp 1.500.000 maka untuk BBN KB adalah sebesar Rp 1.000.000. Kemudian akan ditambah dengan biaya SWJDKLL sebesar Rp 143.000 plus administrasi STNK sebesar Rp 250.000 ( berikut biaya penerbitan pengesahan), serta biaya TNKB sebesar Rp 100.000 maka totalnya sebesar Rp 2.993.000. Biaya tersebut belum termasuk denda jika ada.
  • Dan untuk biaya yang diluar pajak yang harus dibayar adalah sebesar Rp 50.000 untuk cek fisik kendaraan, daftar balik nama untuk STNK Rp 30.000, biaya penerbitan untuk BPKB sebesar Rp 375.000. Berarti total keseluruhan untuk biaya diluar pajak adalah Rp 725.000

Jika dilihat secara keseluruhan memang cukup besar. Dan semakin besar biaya STNK yang tertera maka akan berpengaruh pada total biaya keseluruhan yang harus Anda bayar. Namun, mengingat pentingnya proses balik nama maka harga tersebut adalah harga yang masuk akal. Apalagi ada beberapa biaya yang sudah ditetapkan resmi oleh pemerintah yang tidak akan bisa dimainkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Sekian informasi mengenai harga dan Biaya Balik Nama mobil bekas.

Artikel Terkait :

/* */