Sedang memuat Biaya Kuliah di Universitas Diponegoro 2017/2018 ...

Biaya Kuliah di Universitas Diponegoro 2017/2018

Biaya Kuliah di Universitas Diponegoro

Biaya Kuliah di Universitas Diponegoro

Informasi Biaya Kuliah di Universitas Diponegoro – Biaya kuliah terbaru di Universitas Diponegoro Semarang bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin mengenyam pendidikan disana. UNDIP tidak hanya membuka program untuk Sarjana S1 saja namun juga untuk program Pascasarjana. Universitas Diponegoro sendiri memiliki beberapa fakultas favorite seperti Fakultas Kedokteran. Tidak heran setiap tahun disaat masa ajaran berakhir selalu banyak calon mahasiswa dari seluruh daerah di Indonesia yang berlomba agar bisa masuk kuliah di tempat ini. Mengenyam pendidikan di perguruan tinggi negeri sampai saat ini masih menjadi nilai prestige tersendiri. Tidak heran jika banyak yang rela meluncurkan modal besar agar anaknya bisa masuk di UNDIP.

Biaya kuliah di Universitas Diponegoro Semarang menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal atau UKT. Rumusannya sendiri berdasarkan BKT atau Beban Kuliah Tunggal. Sistem Uang Kuliah Tunggal di UNDIP ada sebanyak 7 golongan. Untuk masing-masing jalur penerimaan akan memiliki perhitungan yang berbeda mengenai besaran biaya kuliah di UNDIP. Untuk program Sarjana S1 sendiri UNDIP memiliki jalur penerimaan sebanyak 3 buah yaitu SNMPTN, jalur Mandiri dan juga SBMPTN. Untuk jalur SNMPTN dan SBMPTN biaya belajar yang harus dibayarkan hanyalah SPP dan juga UKT yang bisa dipilih sendiri berdasarkan kemampuan calon mahasiswa. Dan untuk jalur Mandiri, biaya yang harus dibayarkan adalah SPP sebesar Rp 20.000.000 per mahasiswa per semester. Jalur Mandiri UNDIP saat ini membuka program untuk kelas Internasional.

Kemudian, biaya kuliah di Universitas Diponegoro untuk program Diploma III ( D3 ) yang berlaku adalah:

  • Jalur PSSB à membayar biaya SPP yang didasarkan dari UKT dari golongan 1 hingga golongan 7. Besaran UKT akan diusulkan langsung oleh calon mahasiswa. Proses pemilihan bisa dilakukan pada saat calon mahasiswa melakukan registrasi online untuk mahasiswa baru. Besaran UKT mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 5.000.000.
  • Jalur Ujian Mandiri ( UM D3 ) à membayar biaya SPP untuk golongan 4 hingga 7 disertai dengan biaya Sumbangan Pengembangan Institusi selama satu kali saja selama menempuh kuliah di UNDIP. Untuk SPI nya sendiri hanya tersedia satu golongan sebesar Rp 5.000.000 per mahasiswa. Biaya kuliah terbaru di Universitas Diponegoro untuk masing-masing prodi D3 akan berbeda.

Selanjutnya adalah biaya kuliah di UNDIP untuk program Pascasarjana ( S2 & S3 ). Sistem Uang Kuliah Tunggal tidak lagi digunakan dalam program tersebut. Mahasiswa akan membayar beberapa jenis biaya seperti:

  • SPP setiap semester
  • SPB ( Sumbangan Biaya Pengelolaan) 1 kali saja dan dibayarkan pada awal semester pertama
  • Biaya SPB untuk prodi yang akan dibayarkan setiap semester
  • Biaya atribut seperti jas almamater dan juga buku panduan. Biaya tersebut hanya akan dibayar selama 1 kali saja pada awal semester 1.

Untuk biaya khusus bagi program dokter spesialis, semua biaya yang ada harus dibayarkan satu kali lunas pada awal semester 1 kuliah di UNDIP. Untuk mahasiswa yang ingin mengajukan banding UKT bisa langsung mengajukan namun hanya untuk yang masuk melalui jalur SNMPTN dan jalur SBMPTN saja. Untuk biaya kuliah terbaru di Universitas Diponegoro sudah diatur dalam peraturan yang sah sehingga semua calon mahasiswa harus menaati peraturan yang ada. untuk informasi mengenai syarat pendaftaran mahasiswa baru dalam setiap jalur bisa langsung mengunjungi sekretariat masing-masing prodi di Universitas Diponegoro di Semarang.

 

Artikel Terkait :

/* */