Biaya Kuliah di Universitas Gadjah Mada 2018/2019

Biaya Kuliah di Universitas Gadjah Mada

Biaya Kuliah di Universitas Gadjah Mada

Seputar Biaya Kuliah Terbaru di Universitas Gadjah Mada – Pada umumnya, semua orang tua pasti ingin agar anaknya berkuliah di perguruan tinggi atau universitas yang bagus seperti universitas Gadjah Mada. Universitas ini merupakan salah satu universitas terbaik yang ada di Indonesia. Karena itu, tidak heran jika banyak orang tua yang ingin anaknya terdaftar sebagai mahasiswa di universitas ini. Seperti sistem pembayaran di tahun ajaran sebelumnya, biaya kuliah terbaru di Universitas Gadjah Mada untuk tahun ini juga ditentukan berdasarkan sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal).

Biaya kuliah di Universitas Gadjah Mada yang dibebankan kepada orang tua mahasiswa baru bersistem UKT ini akan mulai diberlakukan setelah pendaftar lulus seleksi masuk atau diterima di salah satu jurusan di universitas ini. Saat melakukan registrasi ulang, peserta akan mengisi data-data yang digunakan untuk menentukan pembayaran UKT. Berikut beberapa uraian mengenai jenjang pendidikan beserta keterangan biayanya.

Untuk jenjang pascasarjana, biaya kuliah terbaru di Universitas Gadjah Mada untuk semua mahasiswa disepadankan. Dari sekitar 19 fakultas dan lebih dari 70 program studi, para mahasiswa pascasarjana harus membayar UKT berdasarkan jalur seleksi saat mahasiswa tersebut diterima sebagai mahasiswa UGM. Sebagai contoh, UKT S2 untuk program studi Biologi jalur reguler adalah 10 juta rupiah per semester sedangkan program studi yang sama untuk jalur 3T/kerjasama, biaya persemester yang harus dibayar adalah 15 juta rupiah. Rata-rata program magister dari jalur kerjasama memiliki UKT per semester lebih tinggi dibandingkan jalur lainnya. UKT tertinggi untuk program magister adalah sekitar 25 juta rupiah sedangkan untuk jenjang S3 adalah 50 sekian juta rupiah.

Sementara itu, biaya kuliah terbaru di Universitas Gadjah Mada khusus untuk jenjang sarjana (S1) dibagi menjadi beberapa kategori UKT. Dari lebih dari 35 program studi S1 di Universitas Gadjah Mada (UGM) nominal untuk UKT 1-6 belum tentu sama. Mereka yang mendapatkan UKT 0 adalah para mahasiswa Bidikmisi, yaitu mahasiswa program beasiswa yang berprestasi namun tidak mampu. Sementara itu, UKT 1 diperuntukkan bagi keluarga yang memiliki penghasilan dibawah 500 ribu rupiah. Rentang untuk UKT-UKT berikutnya memiliki selang 1,5 juta rupiah. UKT 6 ditentukan untuk orangtua yang memiliki penghasilan diatas 10 juta rupiah. Masing-masing biaya UKT untuk program studi belum tentu sama. Sebagai contoh, UKT 6 untuk program studi S1 kedokteran hewan adalah 10 juta rupiah sementara UKT tertinggi untuk S1 Pendidikan Dokter adalah 22,5 juta rupiah.

Program vokasi atau diploma di UGM dibagi menjadi 2 jenjang, yaitu D3 dan D4. Contoh program D3 di UGM antara lain D3 Bahasa, kepariwisataan, kearsipan, akuntansi, manajemen, rekam medis, dan sebagainya. Sementara itu, contoh jenjang D4 antara lain D4 Bidan pendidik dan D4 teknologi jaringan. Hampir sama dengan biaya UKT untuk jenjang S1, UKT untuk program diploma atau vokasi juga dikategorikan menjadi 6 kategori UKT. Dari sekitar 8 fakultas, nominal untuk biaya UKT tertinggi adalah 15 juta rupiah. UKT ini diberlakukan untuk mahasiswa dari program D4 Bidan Pendidik. Sementara itu, hampir semua fakultas program vokasi menentukan nominal UKT 1 dengan biaya 500 ribu rupiah.

Baca Juga : 

UKT Universitas Gadjah Mada

Kelompok Kriteria penghasilan
(penghasilan kotor+penghasilan tambahan)
UKT 0 Peserta Bidikmisi
UKT 1 Penghasilan ≤ 500.000
UKT 2 500.000 < Penghasilan ≤ 2.000.000
UKT 3 2.000.000 < Penghasilan ≤ 3.500.000
UKT 4 3.500.000 < Penghasilan ≤ 5.000.000
UKT 5 5.000.000 < Penghasilan ≤ 10.000.000
UKT 6 Penghasilan > 10.000.000

Biaya UKT Program S1 Semua Fakultas Universitas Gadjah Mada

Biaya Kuliah UKT Diploma/Vokasi di Universitas Gadjah Mada

Demikian beberapa info seputar program, jenjang, dan biaya kuliah terbaru di Universitas Gadjah Mada yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Apabila ingin mencari data UKT untuk program studi yang spesifik, Anda bisa mengunjungi situs atau website dari universitas ini. Jika tidak, Anda juga bisa menanyakan langsung pada pihak UGM agar jika ada pertanyaan-pertanyaan khusus bisa lebih jelas terjawab.

Artikel Terkait :

/* */