Biaya Kuliah di Universitas Hasanuddin 2018/2019

Biaya Kuliah di Universitas Hasanuddin

Biaya Kuliah di Universitas Hasanuddin

Biaya Kuliah di Universitas Hasanuddin, Info Penunjang Kelancaran Studi Perkuliahan – Informasi seputar perguruan tinggi sangat diperlukan, karena dapat memberikan gambaran mengenai kualitas sebuah perguruan tinggi, di antaranya informasi akreditasi, jurusan, program yang ditawarkan, serta fasilitas penunjang pendidikan. Selain itu, informasi biaya juga perlu diperhatikan. Biaya kuliah yang sesuai kemampuan, dapat melancarkan studi perkuliahan. Biaya kuliah terbaru di Universitas Hasanuddin mampu menjadi pilihan tepat untuk Anda. Mengapa demikian? Jumlah uang yang harus dibayarkan selama menempuh perkuliahan di salah satu universitas kota Makassar, Sulawesi Selatan ini sudah disesuaikan dengan data ekonomi setiap mahasiswa dengan sistem uang kuliah tunggal (UKT).

Setiap universitas mempunyai kebijakan sendiri terkait dengan penentuan jumlah uang kuliah bagi setiap mahasiswanya. Seiring berjalannya waktu, terdapat perubahan UKT tersebut. Oleh karena itu, sangat diperlukan informasi teraktual mengenai biaya kuliah terbaru dari perguruan tinggi yang akan atau sedang menjadi tempat perkuliahan. Pada artikel ini akan dibahas mengenai biaya kuliah terbaru di Universitas Hasanuddin sekaligus indikator yang memengaruhinya. Dengan adanya informasi ini, maka dapat melancarkan studi perkuliahan yang ditempuh.

Dalam penetapan uang kuliah, terdapat beragam indikator yang digunakan sebagai pembeda. Dalam sebuah universitas, terdapat beragam fakultas yang membawahi berbagai jurusan di dalamnya dan mempunyai biaya yang berbeda di setiap jurusannya. Selain jurusan, program perkuliahan dan jalur masuk juga berpengaruh terhadap penetapan biaya kuliah terbaru di Universitas Hasanuddin tersebut. Di Universitas Hasanuddin, terdapat beberapa jenjang perkuliahan, yang terdiri dari jenjang sarjana, profesi, dan pascasarjana, yang terdiri dari program magister dan doktor. Adapun jalur masuknya meliputi jalur SNMPTN, SBMPTN, mandiri, serta dua jalur masuk pascasarjana, yaitu jalur tes dan portofolio.

Fakultas yang ada di universitas ternama ini sangat beragam, di mana terdiri dari fakultas pada rumpun ilmu alam, sosial, dan bahasa. Pada setiap fakultas, baik pada program sarjana, maupun pascasarjana, terdiri dari berbagai jurusan yang dapat dijadikan pilihan sesuai dengan minat dan kemampuannya. Untuk program pendidikan profesi, terdapat pendidikan dokter spesialis, dokter gigi spesialis, apoteker, serta akuntan. Secara otomatis, biaya kuliah yang ditetapkan mempunyai jumlah yang berbeda di antara beragam jurusan dan jenjang tersebut.

Dalam penerapannya, biaya kuliah di Universitas Hasanuddin untuk jalur SNMPTN dan SBMPTN pada program sarjana dikelompokkan menjadi 5 golongan. Sebagian besar jurusan yang ditawarkan mempunyai biaya yang dimulai dari 500 ribu hingga 5 juta rupiah. Adapun untuk jurusan kedokteran dan kesehatan mempunyai biaya lebih. Selanjutnya, untuk program pascasarjana terdapat biaya pendaftaran dan SPP. Biaya pendaftaran untuk program magister adalah 500 ribu, program doktor sebesar 750 ribu, pendidikan dokter dan dokter gigi spesialis adalah 600 ribu, serta pendidikan profesi akuntan dan apoteker sejumlah 200 ribu. Khusus untuk WNA mempunyai ketetapan pendaftaran sebesar $180.

Biaya SPP mahasiswa pendidikan magister dan doktor hanya terdapat satu golongan, dengan tingkat biaya bervariasi. Program magister mempunyai kisaran biaya 7,5 sampai 11,5 juta, sedangkan program doktor sejumlah 12 hingga 17,5 juta. Biaya pendidikan profesi juga mempunyai satu golongan saja, yang jumlahnya berdasarkan pendidikan profesi yang diambil. Berdasarkan biaya kuliah terbaru di Universitas Hasanuddin, bagi mahasiswa asing yang menempuh pascasarjana diwajibkan untuk membayar biaya tambahan (biaya kursus Bahasa Indonesia, Bimbingan Khusus Penyusunan Tesis dan Disertasi Bahasa Indonesia, dan Bimbingan Praktik Lapangan untuk Pengenalan Budaya Indonesia), di mana program magister membayar 10 juta dan program doktor sejumlah 15 juta.

Artikel Terkait :

/* */