Harga dan Biaya Pembuatan Paspor di Indonesia September 2018

Biaya Pembuatan Paspor

Biaya Pembuatan Paspor

Harga dan Biaya Pembuatan Paspor di Indonesia – Untuk yang akan bepergian keluar negeri maka informasi harga dan biaya pembuatan paspor berikut ini pasti akan sangat bermanfaat. Dan saat ini di jaman yang sudah serba modern, Anda bisa melakukan proses pembuatan paspor dengan lebih mudah. Pihak imigrasi menyediakan fasilitas pembuatan paspor secara online. Dengan begitu Anda bisa menghemat banyak waktu karena tidak perlu lagi antri. Selain membuat paspor baru untuk Anda yang belum pernah punya, Anda juga bisa melakukan proses pembuatan paspor untuk mengganti paspor yang sudah rusak. Paspor sendiri memiliki masa berlaku yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Dengan demikian Anda harus benar-benar mengerti sebelum memutuskan akan membuat paspor.

Ada beberapa range harga dan biaya pembuatan paspor yang perlu Anda ketahui. Paspor sendiri bermanfaat untuk perjalanan ke luar negeri, umroh, wisata, traveling, bisnis, tugas Negara dan keperluan lainnya. Jika Anda ingin membuat paspor tanpa melalui proses online maka bisa langsung datang ke kantor bagian imigrasi yang ada di kota Anda. Saat ini kantor imigrasi sudah memberlakukan SOP yang terbaru sehingga Anda tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan paspor baru Anda. Siapkan beberapa syara membuat paspor berikut.

Syarat Pembuatan Paspor di Indonesia

  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Akte Lahir/ Ijazah / Surat Nikah

Namun jangan lupa membawa bukti syarat yang asli untuk ditunjukkan di bagian customer service. Dan untuk kepengurusan paspor yang hilang maka jangan lupa membawa surat kehilangan yang asli dari kantor polisi setempat. Paspor harus diambil langsung oleh yang bersangkutan sesuai dengan nama yang tertera di dalamnya. Jika tidak bisa maka yang mengambil harus membawa bukti surat kuasa atau membawa kartu tanda pengenal sebagai petugas keimigrasian. Berikut informasi harga dan biaya pembuatan paspor yang berlaku saat ini.

Biaya Pembuatan Paspor di Indonesia

  1. Paspor biasa 48 halaman untuk Warga Negara Indonesia à Rp 355.000
  2. Paspor biasa 48 halaman untuk Warga Negara Indonesia sebagai pengganti paspor yang hilang namun masih berlaku à Rp 655.000
  3. Paspor biasa 24 halaman untuk Warga Negara Indonesia ( baru ) à Rp 55.000
  4. Paspor biasa 24 halaman untuk WNI pengganti habis à Rp 155.000
  5. Paspor biasa 24 halaman pengganti paspor yang hilang yang masih berlaku à Rp 255.000
  6. Paspor biasa 24 halaman pengganti paspor yang rusak dan masih berlaku à Rp 155.000

Harga dan biaya pembuatan paspor diatas berlaku secara resmi dan sebaiknya Anda melakukan pembuatan sendiri tanpa menggunakan jasa calo. Membuat paspor saat ini sudah lebih mudah dan praktis sehingga Anda tidak akan menunggu antrian yang mengular seperti dulu lagi. Pemerintah semakin membenahi sistem kerjanya dan sepakat memberantas pungutan liar sudah puluhan tahun terjadi di Indonesia layaknya sebuah hal yang normal saja. Dengan mengurus semuanya secara resmi sendiri maka Anda juga mendukung pemerintah untuk Indonesia yang lebih baik mulai saat ini sampai seterusnya.

Baca Juga :

Langsung saja lakukan pembuatan paspor di kantor imigrasi yang paling dekat dengan kota tempat Anda tinggal. Semua kantor imigrasi bisa melayani pembuatan paspor secara resmi sehingga Anda tidak perlu khawatir. Jika Anda diminta biaya yang bermacam-macam dan terkesan tidak wajar langsung saja laporkan kepada pihak yang terkait. Harga dan biaya pembuatan paspor secara resmi sudah ditetapkan pemerintah sehingga seharusnya semua warga Negara mendapatkan hak dan kewajiban yang sama.

Artikel Terkait :

/* */