Harga dan Biaya Perpanjang STNK Motor Juni 2018

Biaya Perpanjang STNK Motor

Biaya Perpanjang STNK Motor

Informasi Harga dan Biaya Perpanjang STNK Motor – Sebagai warga Negara yang baik maka Anda harus membayar pajak kendaraan dengan tertib dan teratur. Harga dan biaya perpanjang STNK motor disini diharapkan bisa memberi banyak kemudahan kepada Anda yang ingin mengurus dalam waktu dekat ini. Dan sejak tanggal 6 Juni 2018 lalu, peraturan yang digunakan dalam hal biaya perpanjangan STNK, BPKB dan juga SIM adalah peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2016. Peraturan tersebut sudah secara resmi menggantikan peraturan pemerintah nomor 50 tahun 2010 dengan isi Jenis dan Tarif PNBP ( Penerimaan Negara Bukan Pajak). Dan untuk peraturan yang saat ini pemerintah sudah menetapkan harga sama untuk seluruh daerah di Indonesia. Tujuannya adalah pemberantasan pungutan liar yang kerap kali terjadi.

Untuk harga dan biaya perpanjang STNK motor di Indonesia untuk roda 2 sebesar Rp 100.000 per kendaraan. Harga tersebut adalah sama dimana saja Anda berada selama di wilayah Indonesia. Dengan adanya peraturan ini maka masyarakat bisa lebih tenang dan diharapkan semua kendaraan bermotor untuk roda 2 khususnya memiliki STNK ( Surat Tanda Nomor Kendaraan ) yang resmi dan sesuai dengan jenis motor yang dimilikinya. Harapannya semua motor di seluruh daerah baik di kota besar hingga di wilayah pedesaan memiliki surat resmi sebagai bukti kepemilikan yang sah untuk kendaraan tersebut. Jika sudah memiliki STNK sah maka sewaktu-waktu ada pemeriksaan oleh petugas di jalan raya maka Anda bisa tetap nyaman dan aman.

Harga dan biaya perpanjang STNK motor tersebut akan terus digunakan sampai nanti ada peraturan pemerintah baru yang entah kapan mungkin akan muncul. Adanya keputusan ini sempat membuat banyak pihak yang belum paham akan maksud dan tujuan pemerintah bereaksi negatif. Padahal jika dilihat dari jumlah kendaraan yang berada di jalanan Indonesia harganya cukup mahal. Dengan demikian kesimpulannya adalah jika bisa membeli motor dengan harga diatas 15 juta maka untuk membayar biaya surat-surat dan perawatannya maka pasti lebih mudah. Dan juga keputusan pemerintah untuk menaikkan biaya tersebut karena akan bermanfaat untuk perkembangan infrastruktur Indonesia yang saat ini sudah dalam perkembangan yang sangat pesat.

Harga dan biaya perpanjang STNK motor tersebut sudah mulai berjalan saat ini. Bagi Anda yang jadwal perpanjangan STNK masuk mulai tanggal 6 Juni 2018 maka harga yang berlaku seharusnya sudah harga yang baru yaitu sebesar Rp 100.000 per motor. Yang mengalami kenaikan tidak hanya untuk perpanjangan STNK motor saja namun seperti biaya BPKB, biaya Balik Nama Kendaraan, dll. Jika Anda bingung akan besaran jumlah pajak yang harus Anda bayar maka mintalah langsung bantuan kepada pihak yang berwajib untuk membantu menghitungkan. Dengan begitu Anda akan mendapatkan angka pasti sesuai dengan jenis kendaraan yang Anda miliki.

Biaya Perpanjang STNK Motor :

Keterangan Pembuatan Jenis Biaya
Penerbitan STNK STNK Baru Kendaraan Roda 2 atau Kendaraan Roda 3 100.000
STNK Perpanjangan Kendaraan Roda 2 atau Kendaraan Roda 3 100.000
STNK Baru Kendaraan Roda 4 atau Lebih 200.000
STNK Perpanjangan Kendaraan Roda 4 atau Lebih 200.000
Penerbitan STNK-Lintas Batas Negara STNK Baru Kendaraan Roda 2 atau Lebih 100.000
STNK Perpanjangan Kendaraan Roda 2 atau Lebih 100.000
STNK Baru Kendaraan Roda 4 atau Lebih 200.000
STNK Perpanjangan Kendaraan Roda 4 atau Lebih 200.000
Pengesahan STNK Kendaraan Roda 2 atau Kendaraan Roda 3 25.000
Kendaraan Roda 4 atau Lebih 50.000
Penerbitan Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor Kendaraan Roda 2 atau Lebih 25.000
Kendaraan Roda 4 atau Lebih 50.000
Penerbitan TNKB Kendaraan Roda 2 atau Lebih 60.000
Kendaraan Roda 4 atau Lebih 100.000
Penerbitan TNKB-Lintas Batas Negara Kendaraan Roda 2 atau Lebih 100.000
Kendaraan Roda 4 atau Lebih 200.000

Baca Juga :

Ingatlah, adanya peraturan baru ini untuk menghindari praktek pungutan liar yang sudah membudaya di Indonesia selama puluhan tahun. Oleh sebab itu hindari meminta bantuan dari calo hanya karena alasan Anda malas mengurus semuanya sendiri. Saat ini proses sudah lebih mudah dan cepat dan pihak kepolisian sangat profesional dalam melayani Anda. Dan berdasarkan fakta yang ada menggunakan jasa calo justru membuat Anda harus mengeluarkan biaya yang lebih besar dibandingkan dengan  harga dan biaya perpanjang STNK motor yang seharusnya Anda bayar. Biasakan juga membayar pajak tepat waktu sehingga Anda tidak perlu membayar denda keterlambatan.

Loading...

Artikel Terkait :

/* */