Sedang memuat Persyaratan dan Biaya Tahapan Seleksi Masuk Polwan Terbaru 2017 ...

Persyaratan dan Biaya Tahapan Seleksi Masuk Polwan Terbaru 2017

Biaya Tahapan Seleksi Masuk Polwan

Biaya Tahapan Seleksi Masuk Polwan

Persyaratan dan Biaya Tahapan Seleksi Masuk Polwan Terbaru – Menjadi seorang anggota polisi merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Mereka biasanya sangat disegani oleh para masyarakat, tugasnya pun juga baik yaitu menjaga ketertiban dan kenyamanan warga. Bagi seorang wanita, menjadi polwan itu juga perlu syarat tertentu. Lalu apa saja persyaratan dan biaya tahapan seleksi masuk polwan? Haruskah para orang tua membayar biaya hingga ratusan juta? Untuk mengetahuinya silahkan baca penjelasannya di bawah ini.

Untuk menjadi seorang polwan atau polisi wanita itu tidak mudah. Ada serangkaian tahapan yang harus dijalani demi memperoleh seragam polisi tersebut. Persyaratan dan biaya tahapan seleksi masuk polwan pun akan sangat berbeda dengan polisi laki-laki. Tes fisiknya pun juga berbeda mulai dari bentuk tubuh hingga adanya tes keperawanan dan tes kehamilan. Berikut ini ada beberapa persyaratan umum yang harus Anda ketahui.

1. Warga Negara Indonesia
2. Pendidikan terakhir minimal SMA atau sederajat.
3. Berusia minimal 18 tahun.
4. Beriman dan juga bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
5. Jujur, adil, berperilaku baik dan berwibawa.
6. Setia kepada NKRI, Pancasila dan UUD 1945.
7. Tidak memiliki catatan kriminal/tidak pernah dipidana karena melakukan kejahatan (memiliki SKCK dari POLRES daerah setempat).
8. Sehat jasmani dan rohani (memakai surat keterangan dokter).
9. Belum pernah menikah dan tidak akan menikah selama menempuh pendidikan Bintara POLRI, belum pernah melahirkan yang disertai dengan bukti dari kepala desa daerah asal.
10. Lulus pendidikan dan pelatihan dari pembentukan anggota kepolisian.
11. Tidak memiliki tato atau bekas tato.
12. Tinggi badan 160 cm dan khusus untuk Papua 158 cm.
13. Bebas Narkoba dengan membawa surat bukti dari klinik BNN atau Rumah Sakit setempat.
14. Adanya persetujuan dari wali.
15. Tidak terikat dengan instansi lain.
16. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI.

Semua itu tadi merupakan persyaratan dan biaya tahapan seleksi masuk polwan secara umum. Untuk masuk polwan, penerimaan calon menggunakan sistem gugur dan banyak proses yang harus dijalani seperti mengikuti tes administrasi sebagai tahap awal, tes kesehatan tahap pertama, tes psikologi secara tertulis kemudian disusul dengan tes akademik. Tes akademik tersebut meliputi mata pelajaran umum Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika. Kemudian nanti dilanjutkan dengan tes kesehatan tahap kedua dan pemeriksaan jasmani. Namun tidak berhenti begitu saja karena masih ada tes selanjutnya seperti pendalaman PMK, pengecekan administrasi akhir, sidang terbuka untuk lulus sementara, mengikuti kegiatan supervisi di tingkat daerah lalu yang terakhir adalah sidang terbuka untuk penentuan kelulusan tahap akhir.

Persyaratan dan biaya tahapan seleksi masuk polwan tersebut harus benar-benar diikuti oleh semua calon tanpa terkecuali. Jika tidak, maka akan dinyatakan gugur. Untuk biaya masuk sendiri, sebenarnya POLRI tidak menyatakan biaya harus berapa-berapa tetapi terkadang bila ada salah satu tes yang tidak lulus, para wali atau orang tua calon akan melobi anaknya dengan memberikan sejumlah dana. Sebagai contoh, bila tidak lolos hanya karena giginya tidak rapi maka para orang tua wali biasanya akan menggelontorkan sejumlah uang untuk biaya pembenaran gigi atau pun tes lainnya.

Tak heran jika untuk masuk ke kepolisian maka biayanya sangat banyak bila sang wali orang mampu. Jika tidak ada kesulitan dalam masuk anggota kepolisian maka Anda pun tak akan kehilangan banyak biaya. Informasi tentang persyaratan dan biaya tahapan seleksi masuk polwan di atas semoga bisa bermanfaat.

Artikel Terkait :

/* */